Majlis-Sunnah

Beranda » nasihat » SABAR, JALAN YANG TERLUPAKAN…

SABAR, JALAN YANG TERLUPAKAN…

PENGUMUMAN

Desember 17th, 2012
Ingin artikel anda di postng di blog kami ? kirim saja artikel anda ke Email: nugrahaberbakti@gmail.com
"Kelapa America minuman alami menyegarkan dan sensai rasa bereda.
mengandung ion dan elektrolit bantu metabolisme tubuh"

     Banyak manusia yang melupakan makna agung ini, mereka cenderung menganggapnya sepele dan bahkan cenderung meremehkannya, padahal fakta membuktikan bahwa barang siapa yang meninggalkan ibadah yang agung ini tidaklah ada yang mereka dapati kecuali kegagalan dan penyesalan. ya Sabar adalah kunci segala kesuksessan dan merupakan jalan orang-orang sukses.

 

MEMAHAMI KESABARAN

Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah menyatakan bahwa lafazh ash-shabr dalam Al Qur’an disebutkan di sembilan puluh tempat (ayat). Hal ini menunjukkan sabar memiliki kedudukan tinggi nan mulia dalam agama Islam. Sabar adalah ibada yang mulia yang diperintahkan oleh Allah. Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya):


Wahai orang-orang yang beriman mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat,..” (Al-Baqarah: 153)

Imam Ibnu Qayyim mengatakan bahwa sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah bisa menjadi barometer keimanan seseorang (Madarijus Salikin 2/152). 

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Sabar adalah meneguhkan diri dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, menahannya dari perbuatan maksiat kepada Allah, serta menjaganya dari perasaan dan sikap marah dalam menghadapi takdir Allah….” (Syarh Tsalatsatul Ushul, hal. 24)

Macam-Macam Sabar

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Sabar itu terbagi menjadi tiga macam:

  1. Bersabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah
  2. Bersabar untuk tidak melakukan hal-hal yang diharamkan Allah
  3. Bersabar dalam menghadapi takdir-takdir Allah yang dialaminya, berupa berbagai hal yang menyakitkan dan gangguan yang timbul di luar kekuasaan manusia ataupun yang berasal dari orang lain (Syarh Tsalatsatul Ushul, hal. 24)

 

KALA SABAR TIADAK DI HATI

banyak fenomena yang kita lihat belakang ini sebut saja, peperangan, kerja keras, belajar semua akan terasa sia-sia hanya sebab kita tak lagi bersabar. ketahuilah semua itu perlu bersabar.
kita lihat mereka yang berperang dan kalah di medan tempur dengan sebab tidak sabar mereka tergesa-gesa, mereka terburu-buru menyerang musuh walau mereka dalam keadaan lemah maka pantaslah jika mereka kalah.

dan yang sedang mencari rizki mereka tidak bersabar, tergesa-gesa sehingga berbagai praktek kecurangan mereka lakukan, bahkan karena tergesa-gesa ada yang mencuri harta orang lain. semua ini terjadi karena mereka tidak lagi bersabar dalam setiap aspek kehidupannya.

 

ketahuilah tatkala kesabar itu hilang yang datang adalah ketergesa-gesaan, dan sifat tergesa-gesa itu datangnya dari setan. Nabi Shallahu ‘alaii wassalam bersabda:

“tidak tergesa-gesa/ketenangan datangnya dari Allah, sedangkan tergesa-gesa datangnya dari setan.” (HR. Abu Ya’la: IV/206, Baihaqi: X/104)

 

dan setiap ketergesa-gesaan hanya akan mendatangkan penyesalan, Dzun Nun Tsauban bin Ibrahim (murid Imam Malik) berkata: “buah dari ketergesa-gesaan adalah penyesalan”(diriwayatkan Baihaqi dalam Syu’abul Iman X/495)

sabar adalah jalan yang terbaik, Allah berfirman:

…, kalau seandainya kalian mau bersabar, sungguh itu berakibat lebih baik bagi orang-orang yang sabar.” (An-Nisaa’: 25)

Dari shahabat Shuhaib bin Sinan, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallambersabda:

عَجَباً ِلإَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنََّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ فَإِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهَ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh mengagumkan urusan orang mukmin, sungguh semua urusannya baik baginya, yang demikian itu tidaklah dimiliki seorang pun kecuali hanya orang yang beriman. Jika mendapat kebaikan (kemudian) ia bersyukur, maka itu merupakan kebaikan baginya, dan jika keburukan menimpanya (kemudian) ia bersabar, maka itu merupakan kebaikan baginya.” (HR. Muslim)

 

dengan sabar Allah akan menolong kita

Wahai orang-orang yang beriman bersabarlah dan kuatkanlah kesabaranmu,…” (Ali Imran: 200)

Dan bersabarlah engkau dan tidaklah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah…” (An-Nahl; 127)

“…, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang yang benar (imannya). Dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (Al-Baqarah: 177)

“Bersabarlah kalian, sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar.” (Al-Anfal: 46)

Ya, jika kamu bersabar dan bertaqwa, dan jika mereka menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda. (Ali Imran: 125)

Ketahuilah olehmu! Bahwasannya datangnya pertolongan itu bersama dengan kesabaran.” (HR. At Tirmidzi, dari shahabat Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma)

 

Allah mencintai orang yang sabar:

…, dan Allah itu mencintai orang-orang yang sabar.” (Ali Imran: 146)

 

Dan sesungguhnya Kami memberi balasan bagi orang-orang yang sabar dengan ganjaran yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (An Nahl: 126)

Sesungguhnya orang-orang yang bersabarlah yang akan dipenuhi ganjaran mereka tanpa batas.” (Az Zumar: 10)
wAllahu A’lam

oleh:

Omar Ibrahim Al-Jabary

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: