Majlis-Sunnah

Beranda » manhaj » MEMAHAMI SUNNATULLAH (HUKUM ALLAH)

MEMAHAMI SUNNATULLAH (HUKUM ALLAH)

PENGUMUMAN

Desember 17, 2012
Ingin artikel anda di postng di blog kami ? kirim saja artikel anda ke Email: nugrahaberbakti@gmail.com
"Kelapa America minuman alami menyegarkan dan sensai rasa bereda.
mengandung ion dan elektrolit bantu metabolisme tubuh"

Sunnatullah terbagi dua macam, pertama sunnatullah yang timeresponnya (waktu pembuktiannya) lama dan kedua yang timeresponnya cepat.

1. Yang timeresponnya lama yaitu pahala dan dosa, yang mana pahala dan dosa tidak akan terasa dan tidak akan terlihat melainkan nanti pada hari kiamat. Contoh: jika kita berbohong tentu kita berdosa, tapi kita tidak bisa merasakan dosa itu dan tidak bisa melihat dosa itu. Dan dosa kita itu baru akan terlihat dan terasa pada hari kiamat nanti ketika kita dihisab nanti.

2. Sunnatullah yang timeresponnya cepat, yaitu yang pembuktiannya cepat. Hal ini terdapat pada sains seperti hukum fisika dan kimia. Contoh: gelas kaca jika dijatuhkan di atas lantai yang keras dari ketinggian tertentu pasti akan pecah. Ini bukti dari sunnatullah yang timeresponnya cepat. Karena dalam hukum fisika dikenal bahwa suatu benda yang massa jenisnya lebih berat dan padat akan menang jika bertabrakan dengan benda yang masa jenisnya lebih ringan dan tidak padat.

KARAKTERISTIK SUNNATULLAH

karakteristik sunnatullah adalah sunnatullah ini bersifat universal dan konstanta (tetap pada nilainya) dan tidak ada perubahan pada sunnatullah kecuali ada penyebab yang dapat merubahnya yang bersifat sitematis. Dari sini dapat kita ketahui bahwa sunnatullah yang timeresponnya lama tetap berlaku sama dimanapun dan kapanpun. Contoh: minum khamr hukumnya haram dan berdosa bagi yang meminumnya. Hukum ini berlaku dimanapun dan kapan pun. Jika minum khamr di Arab haram maka di indonesia pun haram tidak mungkin halal dalam kacamata syari’at.

Sunnatullah yang time responnya cepat, juga berlaku dimana pun dan kapan pun. Contoh: air akan mendidih pada suhu 100 derajat C, hukum ini akan berlaku di manapun, jika di Indonesi air mendidih pada suhu 100 derajat maka di belahan bumi manapun sama.
Dari sini kita dapat fahami bahwa mitos-mitos itu tidak mendasar sama sekali.

PERUBAHAN PADA SUNNATULLAH

perubahan pada sunnatullah tidaklah terjadi pada objeknya melainkan pada sarananya yang bersifat sitematis artinya berkaitan erat atau jika sunnatullah itu sendiri yang memberi ruang untuk terjadinya perubahan, karena pada dasarnya sunnatullah tidak akan pernah berubah. Contoh perubahan pada sunnatullah yang timeresponnya lama: pada kaidah maslahah mursalah bahwa suatu hal yang hukumnya mubah akan berubah menjadi haram apabila menjadi sarana kepada yang haram.
Contoh perubahan ada sunnatullah yang timeresponnya cepat: pada kasus globlal warming, suhu bumi meningkat dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan suhu seperti meningkatnya perubahan suhu.

Pada dasarnya semua perubahan pada sunnatullah tersebut dapat dinalar dengan akal sehat.

DALIL SUNNATULLAH

pada sunnatullah yang timeresponnya lama maka yang menjadi dalilnya adalah al-Qur’an dan as-Sunnah serta ijma’ Ulama. Maka jika ada dalilnya wajib bagi kita untuk membenarkannya dan mengimaninya.
Sedangkan dalil pada sunnatullah yang timeresponnya cepat adalah akal yang sehat, nalar yang baik serta logis yang terdapat pada ilmu sains.

Inilah sajian singkat untuk memahami makna kehidupan dan ruang lingkupnya. Harapan saya tulisan ini dapat menjadi bantahan yang tepat dan benar untuk membantah mitos-mitos yang tersebar di masyarakat. ***
WAllahu A’lam

oleh:
Omar Ibrahim Al-Imanulmuslim -Salafy The Explorer-

*artikel ini diangkat dari tesis penulis yang berjudul “Mengungkap Seribu Mitos di Indonesia. Dikaji Secara Ilmiah Dan Syari’ah (Kasyfu Syubhat at-Tathayur)”


2 Komentar

  1. hercules berkata:

    kehidupan manusia didunia ini adalah sunatullah juga ? Karena yg namanya manusia adalah species yg kini sedang berperan menghuni dan berkeliaran dibumi ini sejak puluhan juta tahun yg lalu Dan saya yakin era sekarang adalah era manusia yg lambat laun entah brapa juta tahun lagi akan musnah…dan pasti akan tergantikan oleh species2 yg lain secara sunatullah. Bisa kita lihat sekarang didalam kehidupan manusia. Pada perang dunia I dn PD II org Jepang terkenal posturnya kecil dan pendek..namun generasi Jepang skarang rata2 tinggi 160 cm bahkan lbh. Begitupun di Indonesia…hal ini adalah juga sunatullah. Semuanya karena hukum alam berlaku atas nya..Dan menurut pendpt saya, bahwa sifat mahkluk hidup dibumi ini selalu dpt meregenarasi menjadi kwalitas yg lbh baik…apapun makhluknya dan itulah sunnatullah…sampai datangnya pergantian era secara tak terasa..

Tinggalkan komentar